Widget HTML #1

Dokumen Buku Kerja 4 : Penilaian Kinerja Guru

Dokumen Buku Kerja 4 : Penilaian Kinerja Guru

Penilaian Kinerja Guru atau disingkat dengan PKG adalah suatu sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya.

Secara umum, Penilaian Kinerja Guru memiliki 2 fungsi utama sebagai berikut:
  1. Untuk menilai kemampuan  guru  dalam  menerapkan  semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan  pada  proses pembelajaran,  pembimbingan, atau pelaksanaan tugas  tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. 
  2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja  pembelajaran, bimbingan, atau  pelaksanaan tugas  tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah  yang dilakukannya pada tahun tersebut.
Adapun hasil  PKG  diharapkan  dapat  bermanfaat  untuk menentukan  berbagai  kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu  dan  kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan  insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi.

Penilaian mempunyai banyak manfaat karena dapat dipergunakan sebagai alat dalam pengambilan keputusan. Adapun secara terperinci manfaat penilain kinerja adalah sebagai berikut:
  1.     Penyesuaian-penyesuaian kompensasi
  2.     Perbaikan kinerja
  3.     Kebutuhan latihan dan pengembangan
  4.     Pengambilan keputusan dalam hal penempatan promosi, mutasi, pemecatan, pemberhentian dan perencanaan tenaga kerja
  5.     Untuk kepentingan penelitian kepegawaian
  6.     Membantu diagnosis terhadap kesalahan desain pegawai
Informasi penilaian kinerja tersebut oleh pimpinan, dalam hal ini kepala madrasah dapat dipakai dalam mengelola kinerja pegawai/guru, dan dapat mengungkapkan kelemahan kinerja pegawai/guru, sehingga kepala madarasah dapat menentukan tujuan maupun target yang harus diperbaiki.

Dalam kaitannya dengan berkas penilaian kinerja guru, akan ada 4 berkas yang perlu di siapkan oleh seorang guru yang akan melaksanakan PKG, yaitu:
  1. Buku Kerja 1
  2. Buku Kerja 2
  3. Buku Kerja 3 
  4. Buku Kerja 4
Keempat berkas tersebut hendaknya dipersiapkan dengan baik, agar saat melaksanakan Penilaian Kinerja berjalan lancar, jika anda baru mulai melengkapi berkas-berkas tersebut, maka sangat pas sekali anda berada di situs ini, karena kami telah share keempat berkas tersebut, untuk melihat artikel tentang berkas buku kerja kami silahkan ketuk disini.   Dan apabila anda sedang mencari referensi tentang buku kerja 4 saja maka silahkan melanjutkan baca artikel ini sampai selesai.

Dokumen Buku Kerja 4 : Penilaian Kinerja Guru


Di artikel ini kami bagikan Berkas Kelengkapan untuk Buku Kerja 4, Berkas ini berisi tentang Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru dan Program Tindak Lanjut Kerja Guru. Berikut ini adalah berkas Buku Kerja 4 secara detail:

Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru

  1. Kedisiplinan Guru (Absensi Finger Print)
  2. Data Prestasi Guru
  3. Daftar Prestasi Siswa
  4. Buku Prestasi Siswa
  5. Evaluasi Diri Guru

Program Tindak Lanjut Kerja Guru

  1. Menguasai IT
  2. Menyusun PTK
  3. Membuat Alat Peraga
  4. Aktif di Forum Guru
  5. Mengikuti Workshop atau Seminar.
Kedua dokumen tersebut bisa anda dapatkan dengan download di link berikut ini:
Perlu saya beritahukan jika beberapa file yang ada di buku kerja 4 ini ada yang hanya berupa daftar kelengkapan buku kerja, karena dokumen tersebut bersifat individu, semisal sertifikat dll. 
Guru Cerdas
Guru Cerdas Sebuah situs pendidikan yang didedikasikan untuk masa depan bangsa, situs ini berisi tentang Akreditasi, Laporan Kinerja, Soal-soal, Tips Guru Cerdas, Tips Mengajar, Kabar Pendidikan