Tips Agar Guru Disukai Siswa Dalam Mengajar

Baca Juga

Tips Agar Guru Disukai Siswa Dalam Mengajar



Menjadi seorang guru adalah hal yang menyenangkan, setiap hari bisa berinteraksi dengan anak-anak yang memiliki karakter unik, suasana kelas yang penuh warna memberikan nuansa keceriaan.Namun menjadi seorang guru tidaklah mudah apalagi jika kita ingin kehadiran kita ditunggu siswa, seorang guru harus bisa membuat suasana menyenangkan, romantis, inspiratif, dan menjadi teladan.

Berikut ini adalah Tips Agar Guru Disukai Siswa Dalam Mengajar:

1. Ramah/ Murah Senyum


Siswa paling suka kepada guru yang ramah / mudah tersenyum. Lebih menyenangkan lagi jika senyuman tersebut diselingi dengan sapaan.

2. Humoris


Dalam proses belajar mengajar tidak selamanya harus serius dalam mencapai target pendidikan, guru bisa menyelingi dengan sedikit humor ringan agar suasana hati siswa selalu senang saat menerima pelajaran (jangan yang berat, anda bukan pelawak).

3. Menguasai bahan ajar dan Siapkan RPP


Agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan dapat mencapai target belajar, seorang guru harus menguasai materi dan memiliki rencana proses pembelajaran yang pas sebelum terjun dalam kelas. Dengan begini siswa akan mendapatkan materi yang cukup serta tidak melebar, sehingga mereka dapat menerima materi dengan porsi yang pas dan tidak merasa jenuh.

4. Menjawab semua pertanyaan siswa dengan jelas

Jangan membuat siswa bingun dengan jawaban yang abstrak, beri alasan dan contoh yang ada di sekeliling siswa, bila perlu gunakan media ajar untuk menjawab pertanyaan siswa.

5. Berpenampilan menarik

Seorang guru adalah model di dalam kelas, penampilan guru sangat penting dalam menunjang kenyamanan siswa dalam belajar. Pakaian rapi dan bersih akan membuat guru sedap dipandang.

6. Menyampaikan materi lewat permainan
Belajar disertai bermain akan lebih terasa menyenangkan dalam proses belajar, siswa akan menyatu dalam suasana kelas dan materi pun bisa diserap dengan mudah.

7. Memeriksa setiap tugas yang telah diberikan
Periksalah setiap tugas yang anda berikan kepada siswa, jangan menunda. Hargai jerih payah mereka. Berikan pujian dan penghargaan yang wajar kepada siswa anda yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

8. Bertanggung jawab (berwibawa)
Bagian yang terakhir ini gampang-gampang susah karena tanggung jawab yang sudah kental biasanya agak sulit dipertahankan dan gampang mengendor. Ada guru yang tidak bertanggung jawab? Tidak! Semua guru bertanggung jawab. Tapi besar kecilnya tanggung jawab, itulah yang menjadi persoalan. Bertanggung jawablah anda pada hal-hal kecil dan besar yang anda lakukan. Mintalah maaf kepada siswa anda jika anda merasa melakukan kesalahan. Meminta maaf tidak menurunkan wibawa anda sebagai guru. Beritahukan alasan anda dengan rasa kesal dan jujur ketika anda tidak dapat mengisi kelas atas sebab tertentu. Jadilah guru yang dirindukan siswa anda, dihormati siswa anda, bukannya ‘ditakuti’ mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...